Thoriqul Huda, Al Jihad Sabiluna

Beranda » Akidah » “Saudaraku,janganlah Kalian Bakhil”

“Saudaraku,janganlah Kalian Bakhil”


BiismiLLAH
Segala puji hanya milik ALLOH,yang telah menciptakan langit tanpa tiang,Yang Maha Tinggi dan bersemayam di atas ‘Arsy.Yang mengatur segala urusan dari langit kemudian naik kepada-Nya.dan milik-Nyalah segala perbendaharaan langit dan bumi.
Sholawat dan salam kepada nabi Muhammad kholiluLLOH,penyempurna akhlaq manusia,yang memerangi kesyirikan dan menghancurkan kzholiman dengan Alqur’an dan pedang.Sholawat serta salam juga bagi keluarga beliau ShallaLLOH ‘alaihi salam,para sahabat dan umatnya mengikuti tanpa keraguan sedikitpun. Sesungguhnya ROBB Jalla wa ‘ala telah menciptakan surga dan neraka,sungguh telah sampai kepada kita ni’mat yang akan di dapat bagi ahlul jannah dan adzab serta siksa yang sangat pedih dan tiada henti bagi pnduduk neraka, dan ALLOH benar benar akan memenuhi neraka jahannam dengan jin dan manusia,

ALLOH ‘azza wa Jalla berfirman

“Aku pasti akan mmenuhi nereka jahannam dengan jin dan manusia (yang durhaka) semuanya” (QS.Hud : 119).
Di ciptakannya neraka adalah tempat bagi orang yang durhaka,tidak mentauhidkan-Nya, yang terus menerus melakukan kema’siatan dan tidak menunaikan amanah yang telah di berikan ALLOH berupa hak diri harta dan tidak mau mensyukurinya. Ancaman bagi orang yang enggan menunaikan amanah berupa mengeluarkan hak harta sangatlah dahsyat,sebagaimana firman Jalla wa ‘Ala :

“Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak serta tidak menginfakkannya di jalan ALLOH,maka beriknlah kabar gembira kepada mereka (bahwa mereka akan mendapat) adzab yang pedih.(ingatlah) pada hari ketika emas dan perak dipanaskan dalam neraka jahannam,lalu dengan itu dsetrika dahi lambung dan punggung mereka.inilh harta benda yng kamu simpan untuk dirimu sendiri,maka rasakanlah (akibat) dari apa yang kamu simpan” (QS.At-Tawbah : 34-35).
Wahai saudaraku,inilah ancaman bagi orang yang bakhil/kikir,bagi orang yang enggan menginfaqkan hartanya untuk menegakkan dien ini yaitu jihad. Karena sungguh jihad juga membutuhkan dana yang tidak sedikit,karena jihad adlah satu perkara yang agung dan merupakan puncak dari dien ini. Ancaman bagi orang yang bakhil dan tidak memiliki hati nurani,yang membiarkan istri dan putra putri para mujahid yng kelaparan dalam kesedihan mereka,yang sakit dalam kerinduan mereka inilah adzab bagi orang yang enggan menginfaqkan hartanya untk saudara nya (kaum muslimin) yang hati nya sedikit goyah karena kemiskinan hingga menjual aqidah nya karena salah satu sebab ketidak pedulian saudara mereka dari aghniya(orang orang kaya). inilah adzab bagi mereka,adzab yang pedih yang tidak dijumpai dan dirasakan mereka sebelumnya!.
Wahai saudaraku,masihkah kita memiliki nurani?apakah dengan kebakhilan kalian,lalu akan menambah harta kalian dan akan menyelamatkan kalian dri adzab ALLOH!?. Jika kalian mengatakan infaq 1 dinar itu lebah baik dengan niat ikhlas dari pada 10 dinar tapi tidak ikhlas.na’am itu benar! tapi taukah kalian 10 dinar dengan niat ikhlas JAUH LEBIH BAIK dari pada 1 dinar yang ikhlas!?bukankah shodaqoh itu tidak akan mengurangi harta dan kehormatan kalian sedikitpun?lalu kenapa kalian masih ragu?
Wahai saudaraku,sungguh pedihnya dan kerasnya adzab neraka tidak dapat di tebus dengan dinar ato dollar kalian!,tidak dapat di cegah oleh emas dan perak kalian!..sekali kali tidak !! tapi pedihnya neraka bisa dihindari dan dijauhkan dari kalian dengan kedermawanan kalian menginfaqkan harta kalian di jalan ALLOH. Karena tidaklah ALLOH memberi rizqi kepada kalian kecuali di dalamnya ada haq dari orang miskin dan lemah melalui kalian.
ALLOH ‘Azza wa Jall berfirman : “dan jangan sekali-kali orang-orang yang bakhil dengan apa yang di berikan ALLOH kepada mereka dari karunia_Nya mengira bahwa (bakhil) itu baik bagi mereka.apa(harta) yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan (dilehernya) pada hari kiamat.milik ALLOHlah urusan dilangit dan bumi.Alloh Maha Teliti apa yang kamu kerjakan” (QS.Ali-Imron : 180)
Wahai orang-orang yang bakhil inilah kabar gembira bagi kalian sungguh RasuluLLOH shallALLOH ‘alaih salam bersabda “sampaikanlah kabar kepada para penumpuk harta tentang batu yang di panaskan didalam neraka jahannam,kemudian batu panas itu akan diletakkan di puting susu salah seorng di antara mereka sampai menembus tulang pundaknya,dan batu panas itu diletakkan di atas pundaknya sampai menembus puting susunya sambil berguncang-guncang” (HR.Bukhori).
Bayangkanlah oleh kita,impikanlah dalam tidur tidur kalian sebagaimana kalian memimpikan jannah. Sungguh menumpuk-numpuk harta telah melalaikan kalian.

Sungguh akan datang hari dimana kita semua akan di mintakan pertanggungjawaban atas ni’mat yang ada pada kita. Sungguh bermegah-megahan telah melalaikan kalian, hingga datang hari dimana adzab dihadapkan kepada kalian dan tiada lagi penyesalan. wALLOHul musta’an

ya Robb kami berlindung kepada Mu dari siksa api neraka jahannam
ya Robb kami berlindung kepada-Mu dari sifat ujub dan bakhil
ya Robb karuniaknlah kami kesyahidan dalam menegakkan dien-Mu dan kami berlindung dari kematian yang berpaling dari jalan-Mu.
aamien ya ArHamar Rohimien.

wALLOHu ta’ala a’lam bishshowab

29 Robbi’ul Awwal 1433 H
Daar al Kholwah

al Faqir ilALLOH
Fatih Abdurahman Hasan As Sundee


1 Komentar

  1. sahabat mengatakan:

    Bakhil alias kikir alis pelit.

    Si bakhil pun mengatakan bahwa ini adl HEMAT alias irit,
    Pdhal cuma alasan spy tdk dibilang pelit.

    Umumnya manusia adl dermawan disaat suka atau bekecukupan, namun berubah menjadi kikir ktk kondisi sedang kekurangan.

    Dermawan sejati adl yg tetap memberi ktk ia sedang kekurangan, bukan cuma memberi ktk keadaan sedang lapang.

    Semoga 4JJI jadikan kita dermawan sejati selalu.

    Syukran ya atas nasihatnya,
    barakallahu fik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

pengunjung

%d blogger menyukai ini: